Kios Kredit > Artikel Terbaru > Pinjaman Dana > Apakah Bisa Meminjam Uang Online Tanpa Jaminan?

Apakah Bisa Meminjam Uang Online Tanpa Jaminan?

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Pinjaman Dana
Meminjam Uang Tanpa Jaminan

Belakangan ini, meminjam uang online sedang menjadi primadona oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Alasan utama mengapa kredit online sangat diminati masyarakat adalah syarat pengajuannya yang relatif lebih mudah sekaligus pencairan dananya yang cepat. Siapa pun bisa melakukan pinjaman secara online dengan menginstall aplikasi atau mengunjungi web perusahaan fintech.

Lalu, pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah bisa meminjam uang online tanpa jaminan? Tentu saja bisa. Sebagian besar perusahaan fintech (financial technology) tidak menjadikan jaminan sebagai syarat utama. Anda hanya perlu melengkapi data diri, melampirkan foto diri dan foto KTP, menunggu proses analisis data, dan uang pinjaman Anda pun akan bisa dicairkan. Proses ini paling cepat membutuhkan waktu 1×24 jam. Sangat mudah bukan?

Keuntungan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Jika dibandingkan dengan pinjaman dana melalui bank, meminjam uang online lebih mudah, praktis, dan cepat. Oleh karena itu, sekarang ini banyak sekali platform pinjaman online yang bermunculan. Kehadiran perusahaan pinjaman online ini jelas menjadi angin segar bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat.

Meski begitu, karena tidak membutuhkan jaminan, Anda harus benar-benar tertib dalam membayar tagihan. Jika Anda lalai membayar tagihan, Anda akan kesulitan melakukan proses pinjaman selanjutnya. Sederhananya, nama Anda sudah terlanjur jelek di mata penyedia jasa.

Baca juga, Apa Itu Pinjaman Jangka Panjang? Bagaimana Caranya?

Perbedaan Pinjaman Uang di Bank dengan Pinjaman Online

Selanjutnya, untuk lebih melengkapi informasi tentang pinjaman online, pembahasan berikutnya adalah tentang perbedaan pinjang uang di bank dengan pinjaman online di Fintech.

Pinjaman Convensional VS Pinjaman Online1. Pinjaman Uang di Bank

Jika Anda pernah melakukan pinjaman di Bank, Anda pasti tahu bagaimana rumitnya proses tersebut. Pertama-tama, Anda harus datang ke Bank tujuan. Sesampainya di bank, Anda akan diminta mengisi serangkaian formulir, melampirkan KTP, juga dokumen pendukung lainnya. Untuk pinjaman dalam jumlah besar, Anda juga diwajibkan melampirkan dokumen jaminan. Setelah semua administrasi pengajuan pinjaman selesai, Anda tidak akan langsung mendapatkan uang. Pihak bank akan melakukan survey ke rumah Anda untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapat pinjaman atau tidak.

Karena sebagian besar prosesnya menggunakan tenaga manusia, pengajuan pinjaman di bank memakan waktu lebih lama. Untuk bank-bank tertentu, pengajuan pinjaman Anda bisa cair dalam waktu kurang dari lima hari kerja. Akan tetapi, ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

2. Pinjaman Uang di Fintech

Kemajuan teknologi memang memberikan dampak yang besar, terutama dalam keseharian kita. Semua hal bisa dilakukan lebih mudah dan praktis melalui teknologi online, termasuk ketika Anda membutuhkan pinjaman dana secara cepat. Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone untuk mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs perusahaan fintech.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti instruksi masing-masing perusahaan penyedia pinjaman online. Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan Anda untuk menginstall aplikasi pinjaman terlebih dahulu, mengisi segala syaratnya, baru pinjaman akan diproses. Ada juga yang tidak perlu menggunakan aplikasi, tetapi masih menggunakan syarat yang kurang lebih sama.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk meminjam uang online  di antaranya adalah foto ktp, foto diri membawa ktp, dan akun sosial media. Beberapa penyedia jasa fintech juga membutuhkan data pendukung lain, seperti akun market place atau nama perusahaan di mana Anda bekerja.

Setelah semua syarat terpenuhi, pengajuan pinjaman akan diproses dalam waktu tertentu, biasanya 1×24 jam. Setelah disetujui, Anda akan mendapatkan limit pinjaman tertentu. Anda bisa mencairkannya dalam bentuk uang atau menggunakannya untuk kredit barang secara online.

Di balik kemudahannya, Anda juga harus paham bahwa meminjam uang online berarti memperbolehkan pihak ketiha untuk mengakses data Anda. Maka, pada saat melakukan proses pengajuan, Anda harus lebih teliti membaca syarat dan ketentuan pihak penyedia jasa fintech. Masing-masing perusahaan tentu mempunyai kebijakan yang berbeda-beda. Kejelian Anda dalam membaca ketentuan tersebut akan mencegah adanya penyesalan di kemudian hari.

3. Baik di Bank maupun Online, Jangan Melanggar Ketentuan

Pada dasarnya, peraturan pinjaman di bank atau online tetap memiliki peraturan yang hampir sama. Kewajiban Anda adalah membayar cicilan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Jika hal ini Anda langgar, akibatnya adalah Anda tidak akan dipercaya lagi untuk melakukan pinjaman. Khusus untuk pinjaman online, sekali saja Anda melakukan keterlambatan membayar, Anda akan dikenakan sejumlah denda tertentu. Untuk pinjaman selanjutnya, Anda mungkin akan kesulitan mengajukan pinjaman karena nama baik Anda sudah tercoreng.

Untuk pinjaman di bank, peraturannya mungkin lebih ketat lagi. Jika sudah sampai jatuh tempo pembayaran dan Anda belum juga membayar, pihak bank pasti akan datang ke rumah. Lalu, jika Anda tidak juga membayar tagihan Anda, pihak bank bisa menyita jaminan yang Anda.

Dari sisi sanksi, baik pinjaman di bank maupun pinjaman online sama-sama punya peraturan yang tegas. Jika Anda melanggar, maka sanksi pun siap menghampiri. Di mana pun Anda meminjam uang, bila Anda tidak melakukan pembayaran setelah jatuh tempo, pihak perusahaan pinjaman pasti akan menagih. Supaya nama baik Anda tetap dipercaya, bayarlah cicilan atau pinjaman tepat waktu. Pembayaran tagihan secara tepat waktu juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pinjaman selanjutnya.

Baca juga, Pinjaman Uang AJB Tanah di Kioskredit.com

Demikian adalah penjelasan cara meminjam uang online. Melalui ulasan di beberapa aplikasi pinjaman online, ada banyak sekali orang yang bersyukur karena bisa melakukan pinjaman dengan cepat dan mudah. Meski begitu, ada juga beberapa yang mengeluhkan adanya error pada pinjaman online. Untuk itu, Anda tetap harus memilih perusahaan fintech terbaik yang bisa Anda percaya. Untuk pertanyaan apakah bisa meminjang uang online tanpa jaminan? Jawabannya adalah bisa. Lebih dari itu, ada banyak sekali perusahaan pinjaman online yang bisa Anda pilih.

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.