Kios Kredit > Artikel Terbaru > Pinjaman Dana > Tata Cara Meminjam Uang Secara Online Agar Aman

Tata Cara Meminjam Uang Secara Online Agar Aman

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Pinjaman Dana
cara meminjam uang secara online

Meminjam uang secara online menjadi solusi bagi sebagian besar orang yang sedang membutuhkan dana cepat. Di dunia yang serba canggih ini, segala kebutuhan manusia memang serba dimudahkan. Untuk orang yang butuh dana cepat, pinjaman online adalah pilihan terbaik. Namun Anda juga harus mengetahui cara meminjam uang secara online agar tidak terkena penipuan.

Perusahaan jasa yang menawarkan pinjaman uang secara online disebut dengan fintech (financial technologi. Perusahaan semacam ini mengandalkan kemajuan teknologi sebagai basis usaha. Semua proses pengajuan pinjaman hingga pencairan dana bisa dilakukan tanpa harus tatap muka.

Mengapa Memilih Pinjaman Uang Online?

tutorial meminjam uang onlineDunia bergerak semakin cepat. Sekarang ini, segala sesuatu memang harus dilakukan secara efisien. Jika Anda harus datang ke bank, lalu mengisi rangkaian formulir pengajuan pinjaman, tentu sangat memakan waktu. Apalagi kalau masih harus terjebak macet di jalanan, beban Anda akan semakin berat. Solusinya bagaimana? Tentu saja dengan pinjaman online.

Baca juga: Apakah Bisa Meminjam Uang Online Tanpa Jaminan?

Perusahaan fintech menjadi angin segar bagi Anda. Tak perlu datang ke bank, Anda hanya perlu mengunjungi website atau aplikasi. Bermodal kuota internet, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman sesuai dengan instruksi dari penyedia jasa. Hal ini bisa dilakukan di sela-sela kerja. Sangat praktis bukan?

Cara Meminjam Uang Secara Online

Beberapa orang mungkin masih ragu mengenai cara meminjam uang secara online. Untuk mencegah hal-hal yang mungkin merugikan Anda, silahkan simak beberapa cara berikut.

Pilih Perusahan Fintech yang Berada di Bawah Pengawasan OJK

OJK adalah sebuah lembaga legal yang menjadi barometer pada pegiat fintech. Perusahaan fintech yang sudah diakui oleh OJK tentu adalah perusahaan terbaik. Anda bisa memilihnya sebagai tempat meminjam uang secara online.

Kalau diibaratkan, Otoritas Jasa Keuangan dalam perusahaan fintech itu seperti penyaring. Tak hanya pihak pemberi pinjaman saja yang diawasi, Anda pun demikian. OJK akan melihat seberapa besar komitmen Anda dalam membayar cicilan. Jadi, memilih perusahaan fintech yang diakui oleh OJK bisa membuat Anda lebih aman.

Cari Beberapa Fintech Terpercaya

Survey bisa dilakukan untuk mencari fintech terbaik sesuai kebutuhan Anda. Sebelum menentukan pilihan, Anda bisa mencari informasi beberapa fintech. Perusahaan yang satu dengan yang lainnya tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Dari segi persyaratan, pilihlah yang paling mudah. Bila perlu, pilih kredit tanpa jaminan.

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa produk pinjaman. Apakah perusahaan fintech menyediakan jenis pinjaman yang Anda butuhkan atau tidak. Lalu, jangan lupa untuk melihat berapa besar suku bunga masing-masing fintech.

Tips cara meminjam uang secara online ini perlu dilakukan demi mendapatkan perusahaan terbaik. Anda juga bisa sekalian melihat testimoni dari pengguna. Perusahaan fintech yang dipenuhi dengan testimoni positif tentunya adalah perusahaan terpercaya.

Cek Kalkulator Pinjaman

Saat melakukan survey, Anda juga perlu mengecek kalkulator pinjaman. Setiap fintech biasanya menyediakan fasilitas ini. Dalam web atau aplikasi, Anda bisa menghitung bunga, cicilan, juga simulasi pembayaran. Tinggal masukkan angka pinjaman pokok dan tenor pinjaman. Kalkulator pinjaman akan memberikan rangkaian simulasi kredit.

Tak hanya tersedia di web atau aplikasi penyedia fintech, kalkulator pinjaman juga disediakan pihak luar. Anda bisa menggunakan kalkulator pinjaman dari pihak luar untuk mempermudah Anda dalam membandingkan beberapa perusahan fintech.

Perhatikan Apakah Ada Biaya Tambahan atau Tidak

Beberapa perusahaan fintech juga menerapkan biaya adminitrasi tambahan di luar simulasi kredit. Untuk itu, penting kiranya mengecek bagian ini. Percuma saja jika cicilan murah, tetapi biaya adminnya mahal. Anda tentu tidak akan diuntungkan.

Supaya tidak terjadi penyesalan, jangan lewatkan hal ini. Perhatikan besaran biaya administrasi. Jika masih berada dalam batas wajar, biaya ini tidak akan memberatkan. Jika nilainya tidak wajar, sebaiknya jangan pilih fintech tersebut.

Pinjam Dana Sesuai Kebutuhan

Banyak perusahaan fintech berani memberikan pinjaman tunai dalam jumlah banyak. Meski begitu, Anda tak boleh lupa diri. Tentukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai tergiur mengajukan pinjaman besar. Mengapa? Karena semakin besar pinjaman semakin besar pula nilai cicilannya.

Untuk menjaga kesehatan finansial, ajukanlah pinjaman sesuai kebutuhan. Bagaimanapun, pinjaman online ini sama dengan hutang pada umumnya. Jika lalai membayar, pihak Fintech pasti akan mengejar-ngejar Anda.

Simak Kebijakan dan Privasi

Bagian yang satu ini tak boleh dilewatkan. Kebijakan privasi biasanya berisi peraturan pembayaran dan perjanjian kemitraan. Pastikan Anda membaca bagian ini dengan seksama. Dengan begitu, Anda akan benar-benar paham hak dan kewajiban Anda sebagai mitra.

Baca juga: Aplikasi Peminjaman Uang Online Terpercaya Terdaftar di OJK

Isi formulir dan Penuhi Semua Persyaratan

Pada saat mengisi formulir, lengkapi data diri dengan data-data yang valid. Pastikan email dan nomor telfon masih aktif. Lalu, yang tak kalah penting, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan untuk melakukan pinjaman. Jika semua ini sudah dilakukan dengan benar, data bisa diproses dalam waktu 24 jam.

Dimana Anda bisa Meminjam Uang Secara Online

meminjam uang online amanAda banyak sekali perusahaan fintech yang sudah terkenal. Anda bisa menemukannya dengan mudah di Play Store atau App Store. Selain itu, Anda juga bisa memilih start up fintech. Keduanya bisa jadi pilihan untuk melakukan pinjaman online.

Saat meminjam uang secara online, hal paling penting adalah yang sudah dibahas di atas. Tujuh hal di atas menjadi modal utama Anda saat mengajukan pinjaman online. Jangan hanya tergiur cepat dan praktisnya saja, Anda juga harus pintar. Jangan sampai memilih perusahaan fintech yang memberikan bunga pinjaman yang besar.

Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai tata cara Meminjam uang secara online. Sudah ada bayangan mau pinjam di mana?

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.