Kios Kredit > Artikel Terbaru > Pinjaman Dana > Layanan Kredit Online Bunga Rendah

Layanan Kredit Online Bunga Rendah

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Pinjaman Dana
Kredit Online Bunga Rendah

Membanjirnya penawaran kredit online bunga rendah tentu membuat banyak orang tertarik. Siapa yang tidak ingin dipinjami uang? Apalagi jika syaratnya mudah. Meski begitu, Anda tak boleh gampang tergiur. Semua perusahaan fintech pasti menawarkan kemudahan. Dana mungkin bisa cair dalam waktu singkat. Persyaratan juga mudah. Akan tetapi, benarkah semua produsen menawarkan bunga yang rendah?

Sama seperti perusahaan pada umumnya, fintech juga mengejar keuntungan. Menyediakan pinjaman dengan suku bunga rendah tentu tidak akan membuat perusahaan cepat untung. Berdasarkan logika ini, Anda diharapkan lebih selektif. Jangan sampai hanya perusahaan yang untung, tetapi Anda rugi. Untuk mencegah hal tersebut, setidaknya Anda harus memilih perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. OJK kepanjangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Ini adalah lembaga legal yang mengawasi fintech. Lembaga ini yang mengatur kerja sama perusahaan dengan nasabah.

Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK

Dalam satu tahun terakhir, dunia finansial di Indonesia memang sedang dibanjiri pinjaman online. Jika kita menengok 2 tahun lalu, kita mungkin belum mendengar tentang fintech. Baru akhir-akhir ini, popularitas perusahaan fintech menggema di mana-mana. Pertumbuhan perusahaan fintech pun terbilang sangat cepat.

Saat ini, ada lebih dari 90 perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. Ini termasuk jumlah yang sangat sedikit. Mengapa? Karena masih ada lebih dari 200-an website dan juga aplikasi yang masih belum terdaftar di OJK.

Menjamurnya perusahaan fintech tentu disebabkan oleh banyak hal. Di satu sisi, ada banyak sekali orang yang butuh dana cepat. Lalu, perusahan fintech hadir dengan solusi jitu. Pinjaman bisa dilakukan secara online dengan hanya mengandalkan KTP. Masyarakat pun sangat antusias menyambutnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah benarkah perusahaan fintech menawarkan kredit online bunga rendah? Jawabannya tentu bergantung pada masing-masing fintech. Jangan hanya tergiur pada kata-kata belaka. Anda perlu mencari tahu kebenarannya.

Baca juga

Kriteria Perusahaan Fintech Terpercaya

Semakin hari, akan semakin banyak perusahaan fintech bermunculan. Apakah semua perusahaan tersebut terpercaya? Tentu saja tidak. Anda harus pintar memilih. Berikut ini adalah beberapa kriteria kredit online bunga rendah terpercaya.

Perusahaan Fintech Terdaftar di OJK

Ini menjadi syarat utama bagi perusahaan fintech untuk dikategorikan terpercaya. Perusahaan yang terdaftar di OJK memiliki legalitas yang jelas. Jadi, tidak hanya mencairkan dana saja, tetapi juga punya dasar hukum yang sudah diatur.

Tak hanya itu, dengan terdaftar OJK, para nasabah juga mendapatkan perlindungan konsumen. Dalam hal ini, perusahaan  fintech wajib menaati aturan pinjaman online yang sudah ditetapkan OJK. Konsumen pun harus patuh pada ketentuan hukum yang sama.

Customer Service yang Mudah Dijangkau

Hal penting selanjutnya adalah berkaitan dengan layanan pelanggan. Perusahaan terpercaya tentu akan memberikan layanan pelanggan yang terbaik. Karena semua proses pinjaman dilakukan secara online, customer service harus mudah dijangkau. Menurut ketentuan OJK, perusahaan fintech pun wajib menyediakan layanan yang bisa menyelesaikan keluhan nasabah.

Bayangkan jika Anda meminjam pada sebuah fintech yang hanya menyediakan email dan chatbot. Dua layanan ini tentu akan beroperasi secara lambat. Padahal, untuk kasus-kasus tertentu, Anda membutuhkan pelayanan cepat.

Mengingat pentingnya layanan, perusahaan terbaik adalah yang memiliki layanan pelanggan yang mudah dijangkau. Jadi, jangan hanya fokus pada kredit online bunga rendah saja ya.

Transparansi

Karena memanfaatkan teknologi canggih, perusahaan fintech seharusnya lebih transparan. Transparan dalam hal ini berarti terbuka dalam semua proses. Misalnya dengan menyediakan fasilitas kalkkulator pinjaman.

Sistem yang terbuka membuat calon nasabah bisa melihat besaran cicilan, suku bunga, juga biaya-biaya administrasi lainnya. Sistem transparansi ini bisa membuat perusahaan fintech lebih terpercaya.

Menepati Janji

Sama seperti sales pada umumnya, banyak sekali perusahaan fintech yang menebar banyak janji. Janji kredit online bunga rendah, misalnya, tentu tidak baik. Ingat, jangan mudah tergiur. Perusahaan fintech terbaik harus bisa menepati janjinya.

Misalnya, apa benar Anda bisa pinjam dana 10 juta tanpa jaminan? Tetapi, setelah di cek, ternyata ada banyak persyaratan yang cukup memberatkan. Nah, janji-janji ini perlu dicek kebenarannya. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Dampak Menjamurnya Kredit Online Bunga Rendah

Pada akhir 2018 lalu, perusahaan fintech yang terdaftar di OJK hanya 40-an. Tiga bulan berlalu, jumlahnya sudah naik menjadi 90 lebih. Masyarakat sebagai pengguna kredit online bunga rendah tentu yang paling merasakan dampaknya.

Dampak Kredit Online Bunga RendahTentu ada dampak positif dan negaitf dari menjamurnya perusahaan fintech. Di satu sisi, banyaknya perusahaan fintech memberikan banyak pilihan kepada masyarakat. Dengan kata lain, persaingan antar fintech semakin ketat. Mau tidak mau, setiap perusahaan fintech harus memperbaiki layanan supaya tetap dipercaya masyarakat.

Dampak negatifnya adalah masyarakat Indonesia rentan menjadi target fintech ilegal. Fintech ilegal adalah fintech yang tidak terdaftar di OJK. Apakah banyak jumlah fintech ilegal di Indonesia? Tentu saja banyak.

OJK sendiri sebenarnya sudah rutin memblokir situs-situs fintech ilegal. Usaha ini dilakukan bersama Satgas Waspada Investasi yang melibatkan aparat penegak hukum. Meski begitu, fintech ilegal ini selalu muncul kembali.

Untuk Anda yang sedang mencari pinjaman online, harap memilih perusahaan yang mendapat ijin OJK. Anda bisa memperhatikan beberapa kriteria fintech terpercaya di atas. Jika memang perusahaan fintech meragukan, tinggalkan saja.

Kredit online bunga rendah sebaiknya tidak hanya iming-iming belaka. Semua layanan kredit harus bisa sama-sama menguntungkan. Dengan begitu, prinsip kerja sama bisa dilakukan antara nasabah dengan perusahaan fintech. Sekarang, saatnya Anda memilih fintech yang menurut Anda terpercaya.

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.