Pinjaman Dana BPKB Mobil > Artikel Terbaru > Pinjaman Dana > Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan

Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan

  • Posted by: kioskredit
  • Category: Pinjaman Dana
Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan

Melansir dari berbagai sumber, Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan sudah kami rangkum pada postingan di bawah ini.

Seperti diketahui, kredit modal syariah saat ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak ingin terjerat degan sistem bunga dari bank konvensional.

Pasalnya, jenis pinjaman ini menerapkan akad jual beli, yakni dengan cara mencicilan angsuran sesuai dengan batas waktu yaang sudah ditentukan oleh lembaga atau penyedia pinjaman syariah.

Akan tetapi, sebelum bank atau lembaga syariah mencairkan pinjaman tanpa riba. Maka calon nasabah diharuskan menerima dan menyatakan bahwa dirinya akan menggunakan modal untuk hal-hal yang mempunyai sifat halal.

Dalam hal ini, anda bisa memilih jenis pinjaman syariah dengan atau tanpa jaminan. Bahkan bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti modal usaha, renovasi rumah, umroh, pergi haji, ataupun membeli kendaraan bermotor.

Untuk saat ini, ada begitu banyak lembaga perbankan yang menyediakan pinjaman syariah. Uniknya, proses pengajuan pun tidak berbeda jauh dengan pinjaman konvensional.

Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan

Poin pertama sebelum anda meminjam uang dengan basis syariah. Tentu harus paham juga penyedia atau lembaga yang menawarkan pinjaman uang tanpa riba. Beberapa diantaranya ialah :

1. Perbankan Syariah

Secara umum, bank Islam ataupun konvensional, mempunyai produk syariah yang bisa menjadi solusi simpan pinjam tanpa riba. Metode yang diterapkan ialah sistem kemitraan bagi hasil dan juga berbagi risiko. Sehingga risiko kegagalan akan ditanggung bersama.

Jika pinjaman memang tidak bisa dikembalikan, maka anda dan pihak bank juga masih bisa mencari jalan keluar yang terbaik.

2. Peer to Peer (P2P) Lending

Saat ini sudah banyak lembaga Peer to Peer (P2P) lending atau pinjaman online yang juga menerapkan basis syariah yang pencairannya sangat cepat. Dalam hal ini, P2P menjadi jembatan antara pemberi dan penerima pinjaman.

Benefit yang diterima pun memberikan kemudahan dalam memperoleh dana, sedangkan untuk pemberi pinjaman akan memperoleh manfaat berupa biaya sewa atas barang jasa yang digunakan.

3. Pegadaian Syariah

Pegadaian Syariah menjadi salah satu solusi pinjaman tanpa riba. Pasalnya pihak pegadaian tidak mengambil keuntungan dalam bentuk bunga atau bagi hasil. Akan tetapi mengambil upah jasa pemeliharaan atas barang jaminan yang digadaikan.

Metode ini merapkan akad rahn, yaitu dengan menahan harta milik si peminjam sebagai agunan atas pinjaman yang sudah diterima.

Cara Mendapat Pinjaman

Setelah anda menentukan lembaga mana yang menjadi solusi pinjaman tanpa riba. Maka poin berikutnya pada Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah ialah tata cara memperolehnya.

  • Poin pertama, ialah dengan melengkapi persyaratan administrasi. Seperti halnya dokumen, identitas diri (KTP, KK), serta pihak bank juga mungkin akan meminta slip gahi dan NPWP.
  • Jika anda masih kurang jelas dengan produk syariah, maka bisa datang ke kantor terdekat serta konsultasikan dengan petugas.
  • Perlu diperhatikan tentang detail ketentuan pinjaman, khususnya yang berbeda dengan bank konvensional. Mulai dari mimimal dan maksimal pinjaman, serta tenor yang diberikan.
  • Lembaga akan menyerahkan surat perjanjian pinjaman pasca syarat dan pengecekan sudah terpenuhi. Surat tersebut akan berisi aturan bagi hasil serta konsekuensi jika terdapat kecurangan. Jika setuju, maka anda bisa tandatangan perjanjian tersebut.
  • Pihak bank akan mengirimkan dana pinjaman dalam bentuk tunai.
  • Anda mempunyai kewajiban untuk mengembalikan pinjaman jika sudah memperoleh keutnungan sesuai aturan yang ditentukan.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Secara dasar, syarat pengajuan pinjaman di bank syariah tidaklah berbeda jauh dengan bank konvensional. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar berikut :

  • Identitas Diri : Umumnya berkas ini berupa e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Akan tetapi, identias yang dilampirkan harus valid, mulai dari alamat tinggal yang tertera di KTP dan lain sebagainya.
  • Akta Nikah : Menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman, akta nikah juga penting anda persiapkan. Dokumen ini bisa menjadi bukti bahwa harta yang ada merupakan milik bersama (suami dan istri). Tujuannya agar terjadi suatu masalah, akan lebih mudah untuk dikonfirmasi.
  • Buku Tabungan : Melalui buku tabungan ini, maka pihak bank bisa mengetahui kondisi keuangan anda, tidak terkecuali untuk mengembalikan pinjaman.
  • Surat Keterangan Penghasilan : SKP atau slip gaji juga menjadi salah satu syarat penentu pinjaman uang di bank. Jika jumlah pendapatan kecil, sedangan pinjaman yang diajukan besar, maka kemungkinan pengajuan tidak diterima.

Selain beberapa poin di atas, adapula syarat yang terkait dengan Bukti Tidak Memiliki Tanggungan dan Cicilan. Contoh sederhananya ialah kartu kredit, atau yang lainnya.

Author: kioskredit