Kios Kredit > Artikel Terbaru > Asuransi > Cara Daftar BPJS Kesehatan, Berikut Cara, syarat & Ketentuannya

Cara Daftar BPJS Kesehatan, Berikut Cara, syarat & Ketentuannya

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Asuransi

Semakin banyaknya penyakit degeneratif akibat gaya hidup serta meningkatnya kecelakaan membuat kita perlu proteksi ekstra. Cara yang mudah dan terjangkau untuk dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. Namun demikian, meskipun sudah lama diselenggarakan, namun masih ada yang bingung bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan yang tepat. Oleh karena itu, sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan dan kesadaran masyarakat memang perlu ditingkatkan.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai peserta, cara daftar BPJS Kesehatan online maupun manual dapat dilakukan. Anda juga bisa mengikuti cara daftar BPJS perusahaan apabila memang tergabung dalam sebuah PT atau CV. Inilah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk mendaftar sebagai calon peserta BPJS Kesehatan.

Berkas yang Dibutuhkan untuk Mendaftar BPJS Kesehatan

Syarat Daftar BPJS KesehatanApabila ingin mendaftarkan diri sebagai calon peserta BPJS Kesehatan, maka Anda harus memenuhi kebutuhan dokumennya. Data yang diperlukan yaiu fotocopy dengan tetap membawa aslinya dari dokumen KTP, SIM, atau Paspor sebagai identitas. Lalu And a juga memerlukan KK, buku nikah dan buku tabungan. Kemudian dibutuhkan juga foto terbaru ukuran 3×4.

Step By Step Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline

Step by step cara daftar BPJS Kesehatan offline dapat dilakukan dengan mengumpulkan berkas di atas ke kantor BPJS Kesehatan. Apabila pendaftaran dilakukan secara kolektif maka bisa mengumpulkan ke perangkat desa. Ketua RT atau RW sebagai penanggungjawab kolektif yang ditunjuk juga bisa diberikan berkas tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat mengisi formulir pendaftaran anggota baru, dimana formulir ini bisa diperoleh ketika sampai di kantor BPJS Kesehatan. Lakukan pengisian data secara teliti, karena tahapan cara daftar BPJS yang satu ini sangat penting. Apabila ada yang perlu ditanyakan, segera hubungi petugas terdekat. Jika sudah selesai maka Anda akan diberikan nomor akun virtual.

Nomor akun virtual selanjutnya bisa dipakai untuk pembayaran iuran per bulannya. Atau bisa juga Anda menggunakan nomor ini untuk mengambil dana klaim ketika terjadi penanganan medis sesuai aturan pembiayaan. Setelah itu, Anda bisa membayar iuran sesuai nomor akun virtual tadi. Langkah yang terakhir adalah menyetorkan bukti transfer sehingga kartu peserta BPJS Kesehatan pun dapat segera terbit.

Step By Step Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Berbeda dengan cara daftar BPJS offline yang menuntut Anda untuk datang ke kantor, cara online lebih mudah. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk melakukan rangkaian cara daftar BPJS Kesehatan online.

Step yang pertama yaitu membuka situs resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id. Setelah itu, Anda harus mengisi e-form sesuai data diri. Sangat disarankan Anda sudah menyiapkan berkas sesuai ketentuan di atas meskipun tidak daftar secara offline. Jadi, data yang diinput benar-benar detail dan tepat.

Salah satu kolom yang harus Anda pelajari terlebih dahulu agar tidak salah dalam pengisian adalah Faskes Gigi dan Faskes Tingkat 1. Karena pada cara daftar BPJS online tidak ada petugas yang bisa ditanyai, maka pastikan data valid. Anda dapat menutup dulu halaman browser dan mengajak orang yang pernah mendaftar BPJS Kesehatan secara online untuk pengisiannya.

Setelah semua data selesai diisi sampai jumlah iuran dan kelas yang dipilih, maka cara daftar BPJS Kesehatan online yang selanjutnya adalah penyimpanan data. Klik simpan data, kemudian Anda akan menerima nomor registrasi yang dikirimkan via email. Setelah diklik maka akan muncul lembar nomor akun virtual. Agar tersimpan dengan baik, maka selain ada di email maka Anda juga harus mencetak nomor tersebut.

Sama seperti ketika mendaftar via offline, cara daftar BPJS Kesehatan mandiri yang selanjutnya adalah membayar iuran pertama. Lakukan pembayaran di bank BNI, BRI atau Mandiri. Bukti pembayaran dari transaksi tersebut selanjutnya dibawa ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Cara daftar BPJS online sudah Anda lakukan, selanjutnya sama seperti proses offline, maka kartu anggota bisa diprint di kantor. Jangan lupa untuk menyertakan berkas, e-form, nomor akun virtual, serta bukti pembayaran dari bank.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Gratis

Cara Daftar BPJS KesehatanUntuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihak BPJS Kesehatan terus meningkatkan fasilitas. Salah satunya adalah dengan program daftar gratis. Cara daftar BPJS Kesehatan gratis dapat ditempuh dengan datang ke kantor atau via online.

Jika Anda kesulitan dalam menggunakan PC atau laptop karena keterbatasan sarana maupun kesibukan, pendaftaran juga bisa dilakukan via smartphone. Cara daftar BPJS online lewat hp dapat diakses dengan mudah. Anda bisa membuka halaman yang sama, karena saat ini tampilannya sudah sesuai dengan mobile version.

Keuntuntuan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Jika Anda menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Pertama, iuran perbulannya dapat disesuaikan dengan kemampuan. Kedua, apabila terjadi sakit yang mendadak atau keluarga sakit bersamaan maka penanggungan biayanya dihitung per orang. Ketiga, Anda dapat merencanakan kehidupan finansial dengan lebih matang.

Dengan kesehatan yang terjaga dan kebutuhan dana darurat terpenuhi, maka Anda akan dapat memaksimalkan produktifitas serta penghasilan. Ini tentu dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga secara langsung bukan?

Baca juga: 10 Situs Beli Asuransi Online Terbaik yang Diawasi OJK

Jadi, tunggu apalagi, jangan tunggu hingga sakit dan kesulitan mencari biaya untuk berobat. Pastikan Anda ikut serta dalam program pemerintah ini, agar Anda dapat merencanakan dana darurat ketika sakit atau mengalami kecelakaan. Apalagi, step by step cara daftar BPJS Kesehatan online maupun offline sangat mudah. Sehingga siapapun dapat melakukan pendaftaran meskipun sarananya terbatas.

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.