Kios Kredit > Artikel Terbaru > Griya / Property > Apa Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR Rumah?

Apa Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR Rumah?

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Griya / Property
Syarat Pengajuan KPR Rumah

Salah satu cara untuk dapat membeli rumah adalah dengan mengajukan KPR. Apakah KPR itu? Inilah yang disebut Kredit Pemilikan Rumah. Jadi, Anda akan diberi kesempatan untuk membayar rumah impian menggunakan cicilan. Lantas, apa saja syarat pengajuan KPR yang dibutuhkan oleh para pemohon? Inilah ulasannya.

Keuntungan Mengajukan KPR

Keuntungan Menggunakan KPRSebelum mengetahui tentang syarat pengajuan KPR, maka Anda perlu mengetahui apakah keuntungan dari pengajuan sistem ini. Setidaknya, ada 5 keuntungan yang pasti diperoleh Anda yang mengajukan KPR, antara lain:

1. Tidak Perlu Menyewa Rumah

Meskipun Anda belum melunasi cicilan hingga selesai, tetapi Anda sudah dapat menempati hunian apabila telah memenuhi syarat pengajuan KPR. Setelah terpenuhi syaratnya, maka bank akan segera memberikan keputusan acc. Jadi, Anda akan dapat meminimalisir biaya sewa rumah.

2. Syarat Tidak Berat

Meskipun memiliki rumah dengan cara menabung adalah suatu hal yang cukup berat, tetapi bergabung dengan KPR justru memudahkan. Syarat pengajuan KPR bersubsidi atau yang melalui bank sangatlah mudah. Secara umumm, Anda hanya perlu memenuhi kelengkapan dokumen serta down paymentnya.

3. Proses Cepat, Anti Ribet

Proses KPR yang serba online sekarang memang sangat cepat dan anti ribet. Selama syarat pengajuan KPR online dapat dikirim, ditambah e-form yang mudah diakses, maka ini bis cepat terselesaikan.

4. Cicilan Ringan dan Dapat Disimulasikan

Saat ini, cicilan KPR memang sangat bersahabat bagi Anda para karyawan, tenaga profesional maupun para wirausahawan. Bagaimana tidak, tenor dari cicilan bisa mencapai 20 tahu dimana nominalnya sangat ringan. Syarat pengajuan KPR pun bisa dikatakan amat mudah.

Belum lagi, jika Anda kesulitan untuk menghitungnya maka Anda dapat melakukan simulasi. Simulasi tersebut penting untuk mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar setiap bulan sebagai bekal perencanaan keuangan jangka panjang.

5. Dapat Diakses Oleh Para Milenial

Apakah Anda seorang milenial yang baru bekerja kurang dari 5 tahun? Tenang saja, karena syarat pengajuan KPR BRI, BCA, Mandiri dan beberapa bank lainnya cukup bersahabat. Secara umum, persyaratannya adalah Anda sudah bekerja menjadi karyawan minimal 1 tahun. Sementara untuk tenaga profesional dan para wirausahawan maka masa kerja minimal 2 tahun saja.

Syarat Pengajuan KPR BRI

Ada beberapa bank yang menyediakan layanan KPR, dengan bekerjasama developer atau pengembang. Adapun syarat pengajuan KPR BRI misalnya, sedikit berbeda dengan bank lain. BRI merupakan salah satu bank yang mempunyai banyak nasabah dan dipercaya untuk mengelola sistem KPR. Persyaratan dari pengajuan KPR BRI adalah sebagai berikut:

  • DP 10% dari harga rumah.
  • Mengisi formulir pengajuan .
  • Memiliki atau membuka rekening BRITAMA (wajib menjadi nasabah).
  • Usia pemohon minimal 21 tahun ketika proses diajukan atau telah menikah.
  • Berlokasi di daerah yang sama dengan cabang BRI tempat pengajuan. Setidaknya Anda berada pada satu kota yang sama.
  • Melengkapi persyaratan administrasi, antara lain fotocopy KK, fotocopy KTP, slip gaji, NPWP asli dan fotocopy, serta pas foto terbaru dari pemohon dan pasangan (suami atau istrinya).
  • Untuk lebih lengkapnya tentang KPR BRI, kunjung halaman resmi BRI di situs https://bri.co.id/kpr1.

Baca juga: Syarat Meminjam KUR BRI Agar Cepat Disetujui

Syarat Pengajuan KPR BCA

KPR BCASebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA juga bekerjasama dengan beberapa pengembang untuk KPR. Berikut ini adalah beberapa syarat pengajuan KPR BCA yang harus dilakukan pemohon:

  • Usia pemohon minimal 21 tahun atau berstatus menikah. Anda yang mengajukan permohonan wajib berusia maksimal 55 tahun ketika proses pelunasan dilakukan. Kecuali apabila pemohon berstatus sebagai wirausahawan atau tenaga profesional seperti guru dan dokter, maka batasnya adalah 65 tahun.
  • Memiliki pekerjaan tetap (karyawan) dengan masa kerja setidaknya 1 tahun dan pengalaman bekerja 2 tahun.
  • Apabila pekerjaannya tenaga profesional, maka harus sudah menjalankan profesinya selama 2 tahun sesuai surat izin.
  • Apabila pemohon adalah seorang wirausahawan maka harus sudah menjalankan bisnis yang sama selama 2 tahun.
  • Syarat pengajuan KPR BCA harus diangsur dengan penghitungan penghasilan kotor suami + istri yang ditambah juga dengan pembayaran asuransi.
  • Menandatangani surat perjanjian kredit
  • Menandatangani Akta Pembebanan Hak Tanggungan (APHT)
  • Mengisi formulir pembayaran
  • Melakukan pembayaran menggunakan sistem autodebet, sehingga pemohon harus merupakan nasabah BCA.
  • Pembayaran DP yang berbeda-beda nominalnya, dapat dilakukan pengecekan simulasi yang berkaitan dengan harga rumah di website resmi BCA https://www.bca.co.id/individu/produk/pinjaman/KPR.

Syarat Pengajuan KPR Mandiri

KPR Bank MandiriBank ketiga yang memiliki banyak nasabah dan telah melayani proses KPR selama bertahun-tahun adalah Mandiri. Adapun syarat pengajuan KPR Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Pemohon merupakan WNI yang tidak berdomisili di luar negeri
  • Usia pemohon minimal 21 tahun atau sudah menikah. Apabila proses KRP berakhir maka usia pemohon yang berstatus karyawan maksimal 55 tahun dan tenaga profesional maksimal 60 tahun.
  • Menjadi karyawan tetap selama 1 tahun atau jika seorang pengusaha atau tenaga profesional maka masa kerja minimal 1 tahun.
  • Syarat pengajuan KPR Mandiri selanjutnya yaitu melengkapi dokumen berupa form aplikasi dengan kelengkapan data.
  • Melampirkan fotocopy KK, KTP suami dan istri,  tabungan atau rekening koran selama 3 bulan terakhir, NPWP, neraca laba/rugi dan akte pendirian usaha untuk wirausahawan,  surat izin profesi atau praktek untuk tenaga profesional, slip gaji untuk karyawan, IMB & PBB, SHM/SHGB, maupun surat nikah atau surat cerai bagi yang memilikinya.
  • Membayar beberapa biaya seperti provisi, administrasi, asuransi, pengikatan akunan, taksasi agunan, jasa notaris, serta balik nama

Baca juga: Apa Perbedaan KPR Syariah dan KPR Konvensional?

Itulah tadi beberapa syarat pengajuan KPR di beberapa bank serta keuntungan yang dapat Anda peroleh. Jadi, segera bergabunglah bersama Kredit Pemilikan Rumah untuk mendapatkan kemudahan memiliki hunian impian.

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.