Kenapa Mahal? Inilah 3 Keuntungan Asuransi Mobil

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Asuransi

Kenapa asuransi mobil diperlukan? Padahal, bisa dibilang asuransi mobil ini sangat mahal. Karena mahal, Anda mungkin akan berpikir puluhan kali sebelum membeli asuransi kendaraan. Salah satu pertimbangannya adalah tentang keuntungan asuransi mobil. Apa benar akan menguntungkan Anda? Bagaimana jika sebaliknya?

Semakin tingginya tingkat kesejahteraan hidup masyarakat, banyak orang yang memiliki mobil. Setiap tahunnya, data pengguna mobil pribadi selalu meningkat. Itu berarti jalanan pun akan semakin ramai. Risiko ketika jalanan ramai adalah tingkat kecelakaan yang tinggi. Inilah logika sederhana kenapa asuransi mobil penting, meski mahal.

Jenis-Jenis Asuransi mobil

asuransi mobilPada dasarnya, ada dua jenis asuransi untuk mobil baru. Asuransi pertama adalah asuransi all risk. Dengan menggunakan asuransi ini, perusahaan asuransi akan membayar segala jenis kerusakan, termasuk kehilangan. Misalnya, mobil tak sengaja tersenggol angkutan umum yang menyebabkan goresan kecil. Bagi Anda, goresan kecil ini tentu tidak sedap dipandang mata. Pada kasus ini, Anda bisa mengajukan klaim pada perusahaan asuransi.

Baca juga: Aplikasi Peminjaman Uang Online Terpercaya Terdaftar di OJK

Jenis asuransi mobil yang kedua adalah Total Lost Only atau TLO. Jenis asuransi ini hanya menjamin risiko pencurian atau kerusakan berat. Apabila kerugian yang dialami melebihi 75 persen harga kendaraan, Anda bisa mengajukan klaim. Jika kurang dari itu, Anda tidak bisa mengajukan klaim. Keuntungan asuransi mobil jenis ini adalah preminya lebih murah.

Dari dua jenis asuransi ini, Asuransi TLO adalah yang paling banyak dipilih. Mengapa? Tentu saja karena iuran preminya cenderung lebih murah. Dengan premi murah, Anda bisa mengalokasikan uang bulanan untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

Asuransi all risk sebenarnya sangat penting, terutama untuk mobil baru atau mobil mewah. Kenapa asuransi mobil ini mahal? Tentu saja karena produk ini bisa mengcover segala macam risiko. Kalau memang Anda begitu menyayangi mobil Anda, asuransi ini bisa dipilih.

3 Keuntungan Asuransi Mobil

Untuk menjawab pertanyaan tentang kenapa asuransi penting, Anda wajib menyimak beberapa penjelasan berikut.

Melindungi Risiko Kerusakan Kendaraan

Namanya juga nasib. Meski Anda sudah berhati-hati, musibah tetap terjadi. Saat mengemudikan kendaraan, Anda bisa saja mengalami kecelakaan. Baik itu kecelakaan kecil atau besar, biaya untuk memperbaiki mobil cenderung sangat mahal. Untuk itu, jika Anda punya produk asuransi mobil, kerugian semacam ini bisa dihindari.

Untuk Anda yang memiliki mobil baru, sangat disarankan untuk sekaligus membeli produk asuransi. Ini bisa membuat Anda lebih aman dalam mengendarai mobil. Risiko kerugian akibat kecelakaan bisa dihindari.

Melindungi Risiko Pencurian Kendaraan

Harga jual mobil sangat mahal. Karena itu, pasti ada saja orang jahat yang berniat mencuri mobil. Sudah banyak juga kasus pencurian mobil. Jika Anda tidak ingin mengalami kerugian besar, mengasuransikan mobil sangat penting. Setidaknya, perusahaan asuransi akan mengcover kerugian Anda.

Untuk kasus pencurian mobil, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana untuk menutup kerugian. Besarnya dana tersebut tentu sudah tertera pada saat awal perjanjian asuransi. Ada yang nilainya setara dengan harga mobil, ada juga yang tidak.

Membantu Anda Bertanggung Jawab Saat Terjadi Kecelakaan yang Melibatkan Pihak Ketiga

Yang namanya kecelakaan mobil, bisa jadi ada hubungannya dengan pihak ketika. Anda mungkin menabrak mobil atau kendaraan lain. Jika posisi Anda adalah yang salah, mau tidak mau Anda harus bertanggung jawab.

Anda mungkin membutuhkan biaya untuk proses hukum dan juga profesional. Ketika Anda memiliki asuransi kendaraan, pihak asuransilah yang akan mengambil alih tugas ini. Jika nantinya diputuskan Anda yang bersalah dan harus menanggung kerugian, pihak asuransi akan bertanggung jawab.

Selain dapat menanggulangi risiko, ini adalah hal penting kenapa asuransi mobil perlu Anda miliki. Kecelkaan yang melibatkan pihak ketiga pun bisa diatasi dengan praktis. Anda cukup mengandalkan pihak asuransi.

Berapa Besaran Iuran Premi Asuransi Mobil?

besaran iuran premi asuransi mobilAda beberapa hal yang menentukan harga premi asuransi mobil. Pertama, jenis dan harga kendaraan. Jenis kendaraan pada umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu non bus dan truk, bus dan truk, dan kendaraan roda dua. Mobil masuk jenis non bus dan truk.

Kedua, harga kendaraan. Semakin mahal harga kendaraan, premi yang harus dibayarkan pun akan mahal. Untuk jenis mobil mewah, nilai premi asuransi bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.

Ketiga, usia kendaraan. Untuk pertimbangan yang ketiga, masing-masing perusahaan asuransi punya aturan sendiri. Semakin tua umur kendaraan, nilai preminya akan lebih mahal. Menurut yang ditetapkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ada penambahan sebesar 5% per tahun untuk kendaraan yang sudah berumur di atas lima tahun. Ketetapan ini hanya berlaku untuk asuransi jenis All Risk.

Itulah tiga hal yang akan menentukan premi asuransi. Lebih dari itu, masing-masing perusahaan pasti punya pertimbangannya sendiri. Jika ingin tahu lebih detail tentang premi asuransi mobil, Anda bisa mendatangi beberapa perusahaan asuransi. Dengan mengetahui premi dan layanan yang diberikan Anda bisa menghitung sendiri kerugian dan keuntungan asuransi mobil tersebut.

Baca juga: Kapan Saya Membutuhkan Asuransi? Dimana Tempatnya?

Disarankan untuk mendatangi lebih dari satu perusahaan asuransi supaya bisa membangingkan harga. Setelah itu, pilih perusahaan asuransi yang menawarkan premi terendah dengan keuntungan maksimal. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari kerabat untuk memilih perusahaan asuransi. Dari sekian banyak perusahaan asuransi, hanya ada beberapa yang benar-benar terpercaya.

Sekarang, Anda sudah paham kan kenapa asuransi mobil penting? Meski asuransi mobil cenderung mahal, Anda tetap perlu memproteksi mobil Anda. Pikirkan lagi berapa banyak kerugian Anda jika mengalami kecelakaan. Anda mungkin harus menguras tabungan untuk memperbaiki mobil. Keuntungan asuransi mobil adalah bisa mencegah semua risiko tersebut. Terakhir, di mana kira-kira Anda akan mendaftarkan mobil Anda?

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.