Kios Kredit > Artikel Terbaru > Asuransi > Kapan Saya Membutuhkan Asuransi? Dimana Tempatnya?

Kapan Saya Membutuhkan Asuransi? Dimana Tempatnya?

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Asuransi
Mengapa Asuransi Penting

Kapan saya membutuhkan asuransi? Ini adalah pertanyaan umum yang banyak diajukan oleh para millenial. Pada era ini, kalangan millenial sudah tidak asing lagi dengan produk asuransi. Berbagai macam produk asuransi bisa digunakan untuk berjaga-jaga. Misalnya, asuransi kesehatan, barang berharga, hingga asuransi jiwa.

Meski begitu, masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa asuransi adalah hal yang tidak penting. Kalangan ini berpendapat, “Bayar asuransi bertahun-tahun, tetapi gak pernah kecelakan, rugi dong.” Setujukah Anda dengan pendapat ini?

Mengapa Asuransi Penting?

Sebelum menjawab pertanyaan tentang kapan saya membutuhkan asuransi, simak ini terlebih dahulu. Pada dasarnya asuransi sangat penting berjaga-jaga atas hal yang tidak terduga. Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Meski Anda tidak tahu kapan datangnya bencana, setidaknya Anda sudah mengantisipasinya. Ini menjadi alasan utama.

Alasan berikutnya, asuransi penting untuk merencanakan masa depan. Anda dan keluarga pasti punya rencana masa depan, bukan? Misalnya, pendidikan anak. Supaya persiapan lebih matang, Anda bisa menggunakan produk asuransi pendidikan. Asuransi jenis ini bisa menjamin pendidikan anak dari SD hingga lulus kuliah.

Tak hanya asuransi pendidikan, ada banyak produk asuransi lain yang bisa Anda gunakan untuk merencanakan masa depan. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa lebih tenang menjalankan hari-hari.

Kapan Saya Membutuhkan Asuransi?

Kapan Saya Membutuhkan AsuransiSetelah mengetahui penjelasan singkat pentingnya asuransi, saatnya menjawab pertanyaan tentang “Kapan saya membutuhkan asuransi?” Tentu ada banyak indikator yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Simak penjelasannya berikut.

Ketika Ingin Melindungi keluarga

Jadi, kapan saya membutuhkan asuransi? Jawaban pertama adalah saat Anda ingin melindungi keluarga. Keluarga adalah bagian terpenting dalam hidup. Jika Anda punya keinginan kuat untuk melindungi keluarga, gunakan asuransi.

Kita tidak bisa menduga kapan terjadi hal-hal buruk pada keluarga. Sakit, kecelakaan, bencana, atau bahkan gempa bumi selalu terjadi tanpa pemberitahuan. Untuk memastikan semua keluarga terlindungi, asuransi adalah solusinya.

Ketika Menjadi Tulang Punggung

Karena menjadi tulang punggung, keluarga Anda bergantung pada Anda. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk terus sehat sehingga bisa tetap menghidupi keluarga. Akan tetapi, yang namanya musibah, kita tidak tahu kapan datangnya. Untuk berjaga-jaga supaya keluarga tetap aman meski Anda tertimpa hal buruk, Anda harus punya produk asuransi.

Ada banyak pilihan produk asuransi untuk Anda yang menjadi tulang punggung. Anda bisa memilih asuransi penghasilan, asuransi kecelakaan, hingga asuransi jiwa. Asuransi ini sangat berguna untuk menggantikan penghasilan Anda saat sedang terkena musibah. Orang-orang tercinta Anda tetap bisa hidup dengan baik.

Ketika Menjadi Sandwich Generation

Kaum millenial sebagian besar adalah sandwich generation. Selain harus menghidupi keluarga inti mereka (istri & anak), mereka juga harus menghidupi orang tua. Sama seperti sandwich yang berlapis-lapis. Posisi Anda ini berada di tengah.

Bagi kalangan sandwich generation, mereka wajib memiliki kondisi finansial yang baik. Untuk mencegah risiko musibah di masa depan, setidaknya Anda butuh satu produk asuransi. Jika sewaktu-waktu anak atau orangtua sakit, Anda tidak perlu menghabiskan asset dan uang tabungan. Semuanya sudah tercover oleh produk asuransi.

Ketika Punya Hutang

Jika punya banyak cicilan (rumah, kendaraan, dana), sebaiknya Anda harus punya asuransi, terutama asuransi jiwa. Mengapa? Karena jika sewaktu-waktu ajal menjemput, kita tidak terlalu membebani keluarga. Anda tentu tidak ingin mewariskan hutang kepada istri, suami, atau anak, kan?

Ketika Punya Cukup Uang untuk Membeli Asuransi

Ini sekaligus menjadi alasan paling penting untuk menentukan kapan saya membutuhkan asuransi. Meski Anda punya cukup alasan yang sudah disebutkan sebelumnya, tak akan cukup jika Anda tidak punya uang. Membeli produk asuransi berarti harus membayar premi tiap bulan. Kalau tidak punya uang, bagaimana cara Anda membayar?

Oleh karena itu, coba cek lagi keadaan finansial. Alokasikan penghasilan ke pos-pos tertentu. Gunakan prinsip 10 20 30 40 untuk mengelola keuangan. Alokasikan 10% untuk aman, 20% untuk investasi (termasuk asuransi), 30% untuk cicilan, dan 40% untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kebutuhan sehari-hari saja masih lebih dari 40%, berarti Anda belum cukup mampu untuk membeli asuransi.

Di Mana Anda Bisa Membeli Produk Asuransi?

Ada banyak sekali penyedia jasa asuransi di Indonesia, mulai dari yang biasa hingga yang bertaraf internasional. Lalu, di mana sebaiknya Anda bisa membeli produk asuransi?

Jasa Asuransi TerpercayaMengandalkan brand asuransi ternama bisa menjadi pilihan utama. Bagaimanapun, mereka yang punya nama besar berarti sudah cukup dipercaya masyarakat. Lebih dari itu, arus perputaran uangnya pun lebih terjaga sehingga klaim bisa diproses dengan cepat.

Tak hanya itu, perusahaan asuransi ternama juga punya banyak produk. Anda bisa membeli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan saat ini. Premi yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan kapasitas Anda.

Jika Anda sudah yakin ingin membeli produk asuransi, cobalah cari data tentang beberapa perusahaan asuransi. Masing-masing perusahan tentu punya kebijakan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih yang paling pas untuk Anda.

Setelah itu, datangi salah satu agen asuransi. Melalui agen ini, Anda bisa berkonsultasi kira-kira produk apa yang cocok untuk Anda. Jangan lupa tanyakan hal-hal penting seperti cara mengajukan klaim, risiko apa saja yang ditanggung, dan berasan premi bulanan.

Baca juga,

Demikian adalah beberapa penjelasan singkat tentang “Kapan saya membutuhkan asuransi?” Dari penjelasan ini, Anda tentu sudah bisa menemukan jawabannya kan? Selanjutnya, sudahkah Anda tahu di mana tempat asuransi terbaik? Jangan sampai salah pilih perusahaan asuransi, ya.

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.