Pinjaman Dana BPKB Mobil > Artikel Terbaru > Pinjaman Dana > Jenis Pinjaman Uang Online dan Tahapan Umum Yang Perlu Dilakukan

Jenis Pinjaman Uang Online dan Tahapan Umum Yang Perlu Dilakukan

  • Posted by: kioskredit
  • Category: Pinjaman Dana
Jenis Pinjaman Uang Online

Pinjaman uang online merupakan jenis hutang yang melibatkan suatu benda berwujud. Jasa pinjaman diberikan dengan ketentuan ada biaya tambahan atau disebut juga dengan bunga hutang. Lebih dari itu, peminjam juga memperoleh beberapa batasan sebagai bentuk syarat pinjaman dan hal ini sifatnya tertulis. Saat ini, banyak orang yang memanfatkan media internet untuk cari pinjaman uang online. Tujuannya tak lain adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan peminjam.

Jenis Pinjaman Uang Online

Pinjaman terdiri dari beberapa jenis dan hal ini biasanya disediakan oleh lembaga pembiayaan dan juga bank. Adapun jenis pinjaman online yang umum dikenal masyarakat, antara lain sebagai berikut.

Kredit Tanpa Aguna (KTA)

Pinjaman dana jenis ini dilakukan tanpa jaminan apapun pada calon nasabah. Artinya, calon nasabah tidak perlu menyiapkan aset penting sebagai jaminannya. Untuk itu, pihak bank hanya akan melakukan penilaian kredit yang didasarkan pada riwayat kredit anda. Jika riwayat kredit anda baik, maka pinjaman juga mudah anda dapatkan nantinya. KTA ini masih terdiri dari beberapa jenis lagi, yaitu;

  1. KTA Tenor Panjang
  2. KTA Dana Cepat
  3. KTA Payroll
  4. KTA Bisa Bayar Awal
  5. KTA tanpa kartu kredit

Kredit Multi Guna (KMG)

Jenis pinjaman online lainnya adalah kredit multi guna yang merupakan jenis pinjaman dengan syarat calon nasabah diwajibkan memberikan jaminan atau agunan. Hal tersebut adalah bentuk ganti rugi dari dana yang sudah dipinjamkan ke bank atau lembaga pembiayaan yang lain. Adapun jumlah pinjaman biasanya diberikan dengan kisaran 70-80% dari harga jaminan anda. Misalnya anda memberi jaminan mobil, maka jumlah dana pinjaman yang mungkin anda dapatkan akan lebih besar. Kredit multi guna ini juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu;

  1. KMG dengan jaminan motor
  2. KMG dengan jaminan mobil
  3. KMG dengan jaminan deposito
  4. KMG dengan jaminan sertifikat rumah
  5. KMG SK kerja

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Pinjaman online yang lain adalah Kredit Pemilikan Rumah yang merupakan jenis kredit yang dipergunakan untuk membeli rumah, namun bisa juga untuk kebutuhan lain yang menggunakan jaminan rumah disertai dengan skema biaya kredit hingga 70-80% dari harga jaminan rumah tersebut. KPR ini tergolong kredit konsumtif karena hanya dapat digunakan untuk kegiatan yang sifatnya konsumtif. Kredit jenis ini memiliki kelebihan yaitu anda sebagai peminjam tidak perlu untuk mengumpulkan uang dalam waktu yang lama hingga rumah tersebut terbeli. Adapun jenis KPR yang dapat diajukan adalah sebagai berikut.

  1. KPR Properti Apartemen
  2. KPR Properti Rumah
  3. KPR Ruko

Jika anda ingin melakukan pembelian rumah melalui KPR, maka anda juga dapat melakukan pertimbangan pilihan dalam membeli rumah tersebut. Hal ini dikenal dengan KPR Take Over.

Lihat juga: Dana Tunai Jaminan Sertifikat Rumah Terjamin

Tahapan umum dalam mengajukan pinjaman online

Jika anda ingin mengajukan pinjaman online, terdapat tahapan umum yang perlu anda lalui. Pertama, anda harus mendatangi bank langsung kemudian tahapan selanjutnya harus diikuti. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.

  1. Mengisi formulir secara online melalui website.
  2. Mengirim data ke email bank atau bisa diupload langsung jika sudah tersedia di website. Jika permohonan anda disetujui, maka email persetujuan akan dikirim melalui email atau SMS oleh pihak bank.
  3. Langkah verifikasi oleh pihak bank
  4. Pihak bank akan melakukan transfer uang pinjang ke rekening anda sebagai nasabah

Itulah beberapa hal terkait pinjaman dana online. Dengan demikian, anda bisa memanfaatkan teknologi internet untuk cari pinjaman uang online jika anda butuh dana cepat dan darurat.

 

Author: kioskredit