Kios Kredit > Artikel Terbaru > Tips Keuangan > Daftar Bisnis Modal 1 Juta yang Menguntungkan

Daftar Bisnis Modal 1 Juta yang Menguntungkan

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Tips Keuangan
Bisnis Modal 1 Juta

Keberhasilan membangun usaha atau usaha bukalah semata-mata karna memiliki dana yang besar. Ada banyak bisnis yang telah sukses sekarang hanya diawali dengan biaya kecil. Namun banyak orang yang membatalkan keinginan mereka membuka bisnis karena kendala biaya. Padahal banyak orang berhasil bisnis modal 1 juta bahkan kurang.

Salah satu tokoh terkenal yang memulai bisnis suksesnya dari biaya yang sangat minim. Ada juga menteri Kelautan dan Perikanan RI yaitu Pudjiastuti yang memulai bisnisnya bermodalkan uang 750 ribu rupiah. Jadi, bukan hal yang mustahil dengan modal yang kecil juga Anda mampu membangun bisnis yang kemudian akan menjadi besar.

Rekomendasi Bisnis Modal 1 Juta Untuk Pemula

1. Menyediakan Sarapan Pagi

Menyediakan Sarapan Modal 1 JutaAda banyak orang yang tidak sempat membuat menu sarapan di rumah sebab berbagai kesibukan. Mereka harus berangkat pagi ke kantor, sekolah atau ke tempat lain, sehingga mereka tidak sempat walaupun hanya sekedar goring nasi.

Baca juga: Bisnis Waralaba Modal Kecil dan Menguntungkan

Hal inilah yang bisa menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Anda dapat menjual menu untuk sarapan pagi, contohnya nasi uduk, ketupat atau lontong. Modal yang diperlukan tidak begitu besar, cukup dengan modal seadanya. 

2. Menjadi Seorang Dropshipper

Menjadi Seorang DropshipperNah, ada lagi usaha modal 1 juta bahkan bisa tanpa modal sekipun, yaiut bisnis dropshipper. Selain itu Anda pun tidak akan direpotkan dengan proses penjualan, baik itu penyediaan produk, pengemasan serta pengirirman. Semuanya akan dikerjakan oleh orang lain.

Siapapun bisa mencoba bisnis satu ini. Sangat sederhana karena Anda hanya perlu mempromosikan produk kemudian menerima serta meneruskan orderan.

Walaupun terlihat mudah, Anda tidak bisa menyepelekan bisnis ini. Menjadi seorang dropshipper Anda perlu memahami dengan baik produk yang dijual tersebut. Hal itu untuk membuat calon pembeli percaya kepada Anda.

3. Membuat Makanan Ringan

Membuat Makanan RinganBanyak yang menyukai makanan ringan, bukan hanya anak kecil saja akan tetapi orang dewasa pun menyuakainya. Makanan ringan biasa orang-orang konsumsi saat melakukan aktifitas, misalnyaa ketika menonton, berkumpul ataupun lainnya.

Tak harus membuat camilan dengan bahan yang mahal, Anda bisa memulainya membuat camilan dengan bahan yang terjangkau. Misalnya membuat keripik dari ubi. Disamping harga bahannya yang terjangkau, camilan ini juga mudah dibuatnya.

Untuk memulainya Anda bisa sendirian karena memang mudah. Mulai dari mencari bahan, mengolah, menggoreng hingga pengemasan pun bisa dilakukan sendiri. Jika bisnis Anda telah terlihat kemajuannya dan Anda mulai repot dengan banayknya permintaan, barulah Anda merekrut karyawan.

4. Bisnis Menjual Kaos Pre Order

Bisnis Menjual Kaos Pre OrderIndustri fashion memang terus berkembang. Namun, untuk membuka bisnis baju modal 1 juta Anda perlu menyiapkan biaya yang terbilang besar. Karna memang membutuhkan pendukung yang mahal, baik itu alat produksinya hingga bahan yang diperlukan.

Tetapi ada kabar baiknya, Anda bisa memulai bisnis ini dengan biaya yang sedikit saja. Anda bisa menerapakan sistem pre-order, dimana kaos hanay akan diproduksi setelah masuk orderan. Bisnis seperti ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha.

5. Membuat Aneka Kue Kering Untuk Semua Kalangan

Membuat Aneka Kue KeringJika Anda adalah orang yang suka membuat kue kering, maka Anda perlu mengembangkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang. Jika ingin memulai bisnis ini tidak perlu biaya yang besar. Anda bisa membuat sedikit terlebih dahulu, satu atau dua wadah yang kemudian bisa ditawarkan kepada teman atau tetangga.

Agar tidak kalah saing, walaupun kue yang Anda jual sudah familiar di kalangan masyarakat, Anda bisa membuat tampilan yang menarik. Hal itu guna untuk membuat produk Anda dilirik oleh orang.

Faktor yang Membuat Bisnis Modal 1 Juta Mudah Gagal

Penyebab Bisnis Modal 1 Juta GagalAda banyak bisnis modal seadanya mampu berkembang jauh, namun tak bisa dipungkiri bisnis bermodal kecil lebih banyak yang mengalami kegagalan. Hal itu mengharuskan bisnis gulung tikar dan tidak bisa melanjtukan lagi. Sebenarnya semua bisnis juga memeliki resiko gagal, namun jika kita tahu cara mengatasinya tentu akan meminimasir resiko itu.

Ada banyak faktor yang menyebakan sebuah bisnis bangkrut, faktor tersebut baik karena tidak tahu berbisnis atau tidak adanya kesiapan mental. Berikut ini akan kita bahas apa saja yang dapat menghancurkan bisnis modal kecil yang Anda bangun untuk dapat mengantisipasinya.

1. Tidak Memiliki Rencana yang Jelas

Anda harus memiliki rencana bisnis yang jelas walaupun bisnis Anda dimulai dari modal kecil. Dengan perncanaan yang matang akan membuat Anda mudah untuk mengarahkan bisnis Anda di masa depan nanti.

Perlu Anda pikirkan apa yang diharapkan dengan bisnis modal 1 juta yang mulai Anda geluti, bagaimana kedepannya? Apakah Anda ingin membangun cabang usaha Anda di tempat lain atau hanya ingin mengebangkannya di tempat asal. Intinya tetap harus ada perencaaan.

2. Menjalani Bisnis dengan Setengah Hati

Jika Anda tidak melakukan serta menjalani  bisnis hanya setangah hati itu akan membuat usaha Anda sia-sia. Anda tidak akan merasa memiliki sebuah bisnis yang bisa saja akan berkembang jauh. Karna itu, hanya mereka yang tangguh yang mampu mampu mengembangkan bisnis modal 1 juta ini.

3. Promosi yang Buruk

Sekalipun Anda memilki produk yang berkualitas namun jika tidak memiliki kemampuan promosi yang baik hal itu akan membuat sia-sia bisnis Anda. Tidak ada orang yang tahu tentang bisnis Anda, atau ada yang tahu namun bukan konsumen yang potensial, tentu itu akan membuat bisnis Anda gulung tikar lebih cepat.

Karna itulah Anda perlu memiliki sistem promosi yang baik. Sekarang ini untuk mempromosikan produk begitu mudah, Anda bisa memanfaatkan media social, baik secara gratis atau berbayar. Namun disarankan, jika Anda menginginkan iklan yang power-full gunakanlah iklan berbayar, sperti Facebook Ads atau Google Ads.

Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis Waralaba Agar Sukses Untuk Pemula

Itulah sedikit informasi tentang bisnis modal 1 juta serta cara mengantisipasi agar bisnis Anda tidak gulung tikar. Selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi hal-hal yang perlu Anda pelajari gara bisnis Anda dapat berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang bingung inginmembuka bisnis apa dengan modal kecil. Terimakasih!!

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.