Kios Kredit > Artikel Terbaru > Tips Keuangan > Jenis Jenis Investasi yang Cocok Untuk Pemula

Jenis Jenis Investasi yang Cocok Untuk Pemula

  • Posted by: Master SEO
  • Category: Tips Keuangan
Jenis Investasi Untuk Pemula

Banyak orang beranggapan jika investasi itu membuthkan biaya yang besar sehingga mereka menunda untuk berinvestasi. Namun kenyataannya tidaklah demikian, dengan biaya terbatas sekalipun bisa dilakakan. Ada banyak manfaat investasi sehingga Anda perlu untuk menyisihkan sedikit pendapatan untuk hal itu. Jenis jenis investasi juga ada banyak yang bisa Anda pilih.

4 Saran Jenis Investasi Untuk Pemula

Dengan dana yang minim Anda bisa memulai berinfestasi asalkan konsisten menjalainya. Anda dapat menyisakan sedikit dari penghasilan Anda untuk berbagai instrument dalam investasi. Atau Anda memiliki dana cukup namun masih takut untuk berninvestasi, berikut ini investasi yang aman untuk pemula.

1. Jangan Remehkan Investasi Menabung di Celengan

Menabung di CelenganPilihan pertama yang direkomendasikan untuk Anda jika ingin berinvestasi dengan dana yang sanagt minim ialah denagn cara menabung. Anda bisa menabung di celengan dengan konsisten tentunya. Ingat, jangan remehkan carai ini ya.

Anda bisa memperoleh hasil yang luar biasa untuk masa depan nanti. Cobalah Anda menabung dengan menyisihkan uang 20 ribu rupiah di setiap meinggu. Setiap bulan aka nada dana terkumpul 80 rupiah, dan setahun 960 ribu rupiah.

Nilai yang besar bukan? Nah, dari  uang itulah bisa Anda putar lagi untuk bisnis yang lain. Atau jika dirasa kurang, Anda bisa menyisihkan uang untuk waktu yang lebih lama lagi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan uang lebih banyak lagi untuk membuka usaha.

2. Cobalah Investasi Emas Batangan

Investasi Emas BatanganSalah satu aset yang memiliki nilai yang terus meningkat dengan jang waktu panjang ialah emas. Jika Anda ingin memulai investasi, dibandingkan emas perhiasan disarankan untuk coba membeli emas batangan. Karena emas batangan memiliki nilai jual yang terus meningkat.

Emas batangan juga tidak memiliki memiliki penyusutan nilai sebab pemakaian berbeda dengan emas perhiasan.

Anda pun tidak perlu membela emas batangan setiap bulannya. Cukup menysihkan uang sebesar 100 ribu rupiah setiap bulan kurang lebih selama enam bulan. Jika sudah terkumpul Anda dapat membeli emas yang 1 gram dengan kisaran harga 650 ribu rupiah.

Sebenarnya yang menjadi masalah saat berinvestasi ialah bukan kerena tidak ada banyak dana, tetapi konsistensi menyisihkan pendapatan. Apabila Anda memilki niat yang kuat serta kemahuan yang sungguh, tentu tidak akan sulit. Menyesihkan uang sebagai bentuk investasi akan terasa gampang

Anda dapat memulai berinvestasi sejak sekarang sehingga akan terasa biasa. Misalnya menyiapkan dana sebesar 100 ribu rupiah dari pendapatan. Hal itu cukup membantu Anda di masa depan nanti.

3. Berinvestasi di Reksadana Syariah Lebih Aman Untuk Pemula

Reksadana SyariahIndonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, sehingga potensi perkembanagan produk syariah begitu besar. Untuk itulah mengapa Anda perlu berinvestasi dengan system ini.

Investasi dengan system ini aman, sehingga sangat direkomendasikan untuk pemula. Terbukti reksadana pasar uang (RDPU) syariah merupakan yang paling rendah resikonya dibanding jenis investasi reksadana lainnya.

Terlebih dahulu Anda harus memiliki tujuan investasi yang jelas dalam berinvestasi serta strategi yang baik sebelum bergabung di reksadana. Contohnya Anda butuh dana untuk membangun rumah 8 tahun kedepan, ataupun butuh dana untuk membeli mobil. Sebaiknya buatlah alokasi yang jelas.

Untuk Anda yang baru ingin memulai berinvestasi cobalah di reksadana pasar uang syariah. Jika Anda bertanya mengapa harus reksadana syariah, maka jawabannya adalah karan produk ini yang paling aman. Cocok untuk pemula karena memiliki resiko yang paling rendah.

RDPU syariah memiliki resiko rendah dibandingkan dengan jenis yang lainnya dikarenakan hampir mirip dengan membuka rekening deposito. Dimana deposito di Indonesia telah dijamin oleh LPS yaitu lembaga penjamin pinjaman. Serta gagal bayar pada sukuk yang jatuh temponya satuh tahun kurang sangat rendah.

Namun sebab risiko di RDPU itu rendah, wajalahr imbal hasil yang diperoleh pun tidak berbeda jauh disbanding deposito secara umum. Jenis investasi ini disarankan untuk keperluan jangka pendek saja, kurun waktu 1 tahun. Sebab return-nya rendah jadi tidak cocok untuk keperluan jangka panjang.

4. Properti

Investasi PropertiSalah satu investasi untuk pemula yang takut dengan resiko besar ialah investasi property. Properti adalah investasi di sektor riil, dimana sangat menjanjikan keamanan dana Anda. Sebab harga tanah bangunan terus mengalami kenaikan setiap waktunya.

Per tahun imbalan dari investasi ini bisa mencapai 14 persen terlebih lagi propeti tidak mengalami inflasi. Tentu itu berbeda dengan investasi di sector uang yang memiliki resiko besar sebab inflasi yang terus berubah-ubah.

Anda jangan berpikir jika berinvestasi dalam property hanya untuk mereka yang memilki modal besar saja. Jika Anda termasuk masyarakat yang memiliki pendapatan menengah dan memiliki tabungan, Anda pun bisa memulai berinvestasi di sini. Tak perlu khawatair gagal, investasi jenis ini sangat kecil resikonya.

Ketika Anda telah mempunyai properti lalu bermaksud menjualnya lagi, Anda akan mendapat kemudahan sebab pangsa pasar sangat besar. Yang perlu dicatat ilah, jenis investasi ini membutuhkan waktu yang relatif lama.

Anda harus pintar-pintar mengelola property ini sebelum memiliki nilai yang lebih tinggi lagi untuk dijual kembali. Misalnya Anda memiliki rumah, Anda bisa mengelolanya untuk kosan atau kontarakan. Nanti ketika pasar menawar dengan harga sesuai harapan Anda, barulah dilepas kembali.

Nah itulah informasi tentang investasi yang cocok untuk pemula. Pemula dalam artian tidak memiliki dana yang besar atau memiliki dana cukup namun masih takut untuk memulai berinvestasi. Beberapa saran investasi di atas dapat Anda coba dengan resiko rugi yang rendah.

Baca juga: Bisnis Online Tanpa Modal Cocok Untuk Pemula

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang bungung menentukan jenis investasi apa yang cocok. Terimakasih!!

Author: Master SEO
Master SEO (Search Engine Optimization) - Jasa pengoptimalan, pembuatan website, content writer, dan digital martketing Indonesia profesional dan terbaik.